Saturday, January 24, 2015


HARI IBU

Semua orang pasti tidak asing apabila mendengar kata Hari Ibu/Mother day. Ya, hari ibu,  adalah hari, dimana semua orang memperingati peran seorang ibu dalam keluarga. Tentu, dari pengertian hari ibu tersebut, kita dapat mengambil makna, bahwa hari ibu adalah menghargai peran seorang ibu dalam keluarga, maupun terhadap lingkungan sekitarnya . Di Indonesia, perayaan hari ibu dilakukan pada tanggal 22 desember. Ibu memiliki peranan yang sangat besar dalam  kehidupan kita. Mulai dari mengandung diperut selama sembilan bulan, melahirkan, dan merawat kita, hingga mendidik kita sampai menjadi orang yang sukses
Semua orang pasti bertanya-tanya, mengapa hari ibu diperingati pada tanggal 22 desember?
Sejarah peringatan Hari Ibu, peringatan tersebut berawal dari sumpah pemuda yang diikrarkan pada 28 Oktober 1928. Hal tersebut membakar semangat pergerakan wanita Indonesia untuk menyelenggarakan kongres perempuan Indonesia yang pertama di Yogyakarta. Kongres tersebut dilakukan pada 22 Desember 1928 di Gedung Mandala Wanitatama. Pada dasarnya kongres tersebut bertujuan kepada peranan wanita pada saat itu, yakni bahwa perempuan bukan hanya sebagai makhluk cantik yang cuman bisa duduk manis namun mampu mengambil bagian dalam pergerakan nasional. Kongres ini membentuk badan federasi organisasi wanita yang mandiri dengan nama “Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia” disingkat PPPI.
 Penetapan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu baru ditetapkan pada saat kongres wanita ke-3 yang diadakan di Bandung pada 22 Desember 1938. Penetapan tanggal ini bertujuan untuk menjaga semangat kebangkitan wanita Indonesia secara terorganisasi. Dan pada tahun 1946 PPPI berubah nama menjadi Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), nama tersebut dipakai hingga sekarang.
Itulah sebabnya peringatan Hari Ibu jatuh pada tanggal 22 desember

No comments:

Post a Comment